fbpx

Pentingnya Fisioterapi Pasca Patah Tulang

Apakah anda mencari Fisioterapi pasca patah tulang? Patah Tulang atau Fraktur merupakan kondisi serius yang perlu penanganan medis dan mengharuskan seseorang mengunjungi Fisioterapi. Hal ini disebabkan karena jatuh, cedera saat olahraga, terjepit pintu atau terpukul benda seperti tongkat. Setiap orang tidak ingin mengalami cedera atau kecelakaan, namun kadangkala hal itu merupakan hal yang tak terhindarkan.

Fisioterapi sendiri merupakan perawatan untuk membantu mengembalikan fungsi dan gerakan bagian tubuh seseorang akibat luka, sakit, atau hilangnya kemampuan tubuh.

Prosedur penyambungan tulang dilakukan oleh dokter spesialis orthopedi. Dokter akan menentukan apakah penyambungan tulang bisa dilakukan tanpa operasi atau harus operasi sesuai kondisi medis. Penyambungan tulang tanpa operasi biasanya menggunakan bidai atau gips, sedangkan prosedur operasi penyambungan patah tulang dilakukan di kamar operasi dengan pembiusan / anastesi.

Jangan Lupa juga mampir ke : Physiotherapy Clinic in Jakarta, Klinik fisioterapi di Jakarta Barat dan Klinik Fisioterapi di Jakarta

Apa yang akan dilakukan oleh Fisioterapis pada Pasien Pasca Patah Tulang?

Selanjutnya Anda akan memasuki tahap pemulihan. Saat memasuki tahap pemulihan patah tulang inilah Fisioterapi mulai banyak berperan. Fisioterapis akan memeriksa kemampuan gerak dan fungsi tubuh, antara lain: rasa nyeri, luas gerak sendi, kekuatan otot, kemampuan berpindah tempat, ada tidaknya pembengkakan, melihat catatan hasil pemeriksaan dokter termasuk hasil x-ray, menelusuri riwayat cedera, riwayat operasi, riwayat penyakit dan pengobatan.

Setelah Fisioterapis memeriksa kondisi Anda, Fisioterapi akan menerangkan hasil pemeriksaan dan mendiskusikan program Fisioterapi. Program setiap pasien akan berbeda-beda tergantung jenis patah tulang dan metode penyambungan tulang, umur dan kondisi lainnya seperti psikologi, sosial dan budaya. Sebaiknya Anda juga menanyakan hal-hal yang belum diketahui, misalnya tentang tujuan, keuntungan, atau risiko yang dapat terjadi, serta hasil akhir yang diharapkan dari suatu program Fisioterapi.

Bagaimana Program Terapi Pemulihan Patah Tulang?

  1. Memberikan Edukasi dan Saran: Fisioterapi memberikan edukasi mengenai patologi patah tulang, dampak dari operasi dan imobilisasi sendi dan  gambaran tahap pemulihan sehingga Anda memahami apa yang terjadi pada diri Anda, apa yanag perlu Anda lakukan dan apa yang perlu Anda hindari. Selain itu Fisioterapis juga memberikan saran posisi tubuh yang benar dalam menjalani aktivitas sehari-hari untuk mengurangi cedera dan nyeri.
  2. Terapi Manual: Terapi dengan menggunakan tangan untuk membantu menggerakan, memijat atau memanipulasi jaringan tubuh yang terganggu. Bertujuan untuk meningkatkan rentang gerak tubuh, melancarkan aliran darah, mengatasi nyeri atau kaku pada sendi dan otot, serta memberikan sensasi relaksasi.
  3. Memelihara Luas Gerak Sendi dengan Latihan ROM: Agar tidak terjadi kekakuan sendi, terutama bila prosedur penyambungan tulang dengan operasi. Bila Anda mengalami kekakuan sendi Fisioterapi akan melakukan mobilisasi sendi. Peralatan seperti ultrasound bisa dilakukan sebagai terapi awalan sebelum dilakukan latihan peningkatan ROM.
  4. Memelihara Kekuatan Otot: Latihan penguatan dan daya tahan. Imobilisasi pasca patah tulang atau pembedahan mengakibatkan menurunnya kekuatan otot.
  5. Mengurangi Pembengkakakan: Latihan gerak aktif, drainase limfatik dan penggunaan kinesiotape. Pembengkakan dapat mengakibatkan sendi sulit digerakkan.
  6. Mengurangi Nyeri: Latihan gerak, relaksasi dan penggunaan alat-alat seperti kompres dingin / coldpack dan mesin TENS.
  7. Latihan Jalan dan menggunakan alat bantu jalan: Pada patah tulang kaki, Fisioterapis akan menentukan tahapan latihan mulai dari latihan jalan dengan alat bantu tanpa menumpu pada kaki yang patah, menumpu sebagian hingga menumpu penuh dan melepas penggunaan alat bantu jalan.

Fisioterapi umumnya berlangsung 1-1,5 jam per satu kali sesi. Dalam satu minggu, pasien bisa melakukan beberapa kali sesi, tergantung dari rencana program dan teknik Fisioterapi yang digunakan.

Apa yang Dilakukan Setelah Fisioterapi?

Setelah menyelesaikan suatu program, Fisioterapi akan melakukan evaluasi. Setelah dievaluasi, pasien mungkin melakukan program Fisioterapi lain atau mengulang program yang sama. Bila program Fisioterapi dinyatakan selesai, bukan berarti saran atau latihan yang telah diberikan juga selesai. Pasien dapat menerapkannya di rumah untuk terus memperbaiki fungsi bagian tubuh tersebut, juga mencegah cedera lebih lanjut.

Artikel Kami lainnya : Menghindari Low Back Pain pada dokter gigi

KESIMPULAN

Patah Tulang (Fraktur) merupakan kondisi serius yang perlu penanganan medis dan mengharuskan seseorang mengunjungi Fisioterapi Pasca Patah Tulang. Patah tulang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Tujuan utama Fisioterapi adalah mencegah komplikasi akibat cedera patah tulang dan meningkatkan kemampuan dalam beraktivitas sehari-hari. Setelah itu, Fisioterapis akan mengevaluasi kondisi dan kemampuan fisik Anda secara menyeluruh.

Our Social Media

Leave a Comment