fbpx

Cedera Ankle – Cedera paling umum yang sering ditemui

Cedera Ankle

Sebagian besar orang mengalami nyeri kaki atau pergelangan kaki pada suatu waktu atau lainnya terutama mereka yang banyak berolahraga atau umumnya aktif. Karena ini penyebab paling umum dari nyeri kaki dan pergelangan kaki adalah karena:

  • Pendaratan yang canggung
  • Terkelincir atau berguling pergelangan kaki (Rolling ankle)’ apakah itu dalam olahraga atau di rumah
  • Penggunaan berlebihan atau ‘pemuatan salah’ – kondisi seperti tendinopati dan plantar fasciitis
  • Alas kaki yang tidak tepat – Umumnya sepatu hak tinggi khususnya dapat menyebabkan masalah
  • Patologis – Meskipun tumor tulang yang sangat jarang dapat ditemukan di bagian bawah tibia dan fibula Anda

Seperti yang Anda lihat, kaki dan pergelangan kaki adalah struktur yang sangat kompleks dengan banyak tulang, otot, dan oleh karena itu saraf dan suplai darah.

Cedera Ankle

Kondisi Umum

  • Plantar fasciitis – Suatu kondisi yang kita lihat setiap minggu, ditandai dengan rasa sakit di lengkungan kaki, sering kali melemahkan rasa sakit untuk beberapa langkah pertama dari tempat tidur atau periode tidak aktif. Di masa lalu, ini merupakan kondisi yang sulit untuk diobati, tetapi dengan elektrotherapy dan rehabilitasi dapat membantu penyembuhan tersebut. 
  • Heel Fat pad – Sering muncul sangat mirip dengan plantar fasciitis, nyeri setelah tidak bergerak, nyeri di bawah tumit dan nyeri yang membaik dengan istirahat. Ini akan terasa seperti memar dan membuatnya sangat tidak nyaman untuk berjalan.
  • Ligamen – Ada banyak ligamen yang mengontrol dan menopang sendi pergelangan kaki Anda, ini memungkinkan banyak mobilitas untuk tubuh kita, namun terkadang ligamen ini memungkinkan terlalu banyak gerakan dan ligamen ini robek atau terlalu meregang. Cedera ligamen yang paling umum dikenal sebagai ATFL (ligamen tibiofibular anterior) yang rusak pada keseleo inversi (inversion sprain) secara umum. Ligamen lain seperti ligamen deltoid adalah salah satu ligamen terkuat di tubuh kita, seringkali alih-alih merobek ligamen ini secara fisik akan menarik sepotong kecil tulang dari tempat perlekatannya, ini dapat menyebabkan rasa sakit, ketidakstabilan, dan rehabilitasi yang lebih lama.
  • Tendon – Tendon achilles mungkin adalah salah satu tendon yang paling dikenal di masyarakat umum, menghubungkan otot betis (calf muscles) ke tumit. Ini biasanya digunakan secara berlebihan dan diperparah sebagai hasilnya. Masalah tendon mengganggu dan bisa berlangsung lama. Dengan terapi modalitas dan manual terapi yang dikombinasikan dengan latihan yang stabil dan progresif akan membuat penyembuhan yang sangat baik. tendon lain di kaki dan pergelangan kaki yang biasanya diperparah terutama melalui cedera traumatis, ini termasuk peroneal dan tibialis posterior.
  • Stress Fraktur – Sering disebut sebagai hot spot. Stress Fraktur akan membutuhkan istirahat dan peningkatan latihan bertahap untuk memungkinkan penyembuhan yang memadai. Tergantung pada lokasi, ini mungkin memerlukan imobilisasi dalam bentuk sepatu moon bot. Jika stress fraktur dibiarkan tidak diobati, ini akan berubah menjadi fraktur penuh. Ini akan menyebabkan lebih banyak rasa sakit, mungkin memerlukan pembedahan (surgerry), kemungkinan membuat aktivitas anda terbata,  pekerjaan dan pasti olahraga. Fraktur stres dapat terjadi di banyak tulang di seluruh tidak hanya kaki dan pergelangan kaki tetapi di seluruh tubuh kita.
Cedera Ankle

Treatment dan manajemen

Ini sepenuhnya tergantung pada cedera yang terjadi. Biasanya ini akan membutuhkan program kekuatan dan rehabilitasi yang dipersonalisasi, dengan stretching dan tentu saja treatment yang disediakan di klinik. Ini dapat mencakup antara lain, seperti: elektrotherapy

  • Shockwave therapy atau lainnya. Seperti disebutkan sebelumnya, ini sangat bagus untuk masalah plantar fasciitis, tendon dll.
  • Pijat jaringan lunak (Soft Tissue massage
  • Joint mobilisation
  • Taping – Kami menyediakan kedua rigid dan kinesio taping untuk kebutuhan olahraga Anda
  • Peregangan (Stretching)
  • Exercise Presciption 
  • Dry needling
Cedera Ankle

BACA JUTA ARTIKEL TENTANG:

FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

FASKES BPJS JAKARTA UTARA : NK HEALTH

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI: PUSPA HUSADA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

Mitos Vs Fakta Kesehatan Sendi Anda – Tenaga Kesehatan Kerumah Kamu (bagushomecare.com)

Leave a Comment