fbpx

Carpal Tunnel Syndrome ? dan Cara Mencegahnya?

Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan kondisi umum yang menyebabkan nyeri, baal atau numbness, dan kesemutan di tangan dan lengan. Kondisi ini terjadi ketika ada penjepitan saraf median di pergelangan tangan, dimana 90% penyebab CTS adalah akibat neuropati. CTS muncul dari kompresi saraf median yang melewati terowongan karpal di pergelangan tangan. Menimbulkan sensasi rasa terbakar dan mati rasa/baal pada saraf median. Biasanya terjadi awalnya di malam hari dan kemudian di pagi hari. Gejala lainnya yaitu mengalami kelemahan pada tangan. National Health Interview Study (NIHS) mencatat bahwa CTS lebih sering mengenai wanita daripada pria dengan usia berkisar 25 – 64 tahun, prevalensi tertinggi pada wanita usia > 55 tahun, biasanya antara 40 – 60 tahun.

Faktor risiko

Banyak kasus CTS yang disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor. Penelitian menunjukkan bahwa wanita dan lansia paling banyak mengalami CTS.

  • Heredity/ Keturunan

Menurut beberapa penelitian kondisi CTS ini dapat di pengaruhi oleh faktor genetik. Sehingga apabila salah seorang dari anggota keluarga anda ada yang mengalami kondisi ini, maka resiko anda mengalami CTS  ini pun semakin meningkat.

  • Repetitive hand use

Pergerakan tangan dan wrist yang berulang atau aktivitas yang berlebih dalam jangka waktu lama, dapat memperburuk tendon pada wrist, menyebabkan bengkak yang menekan saraf.

  • Hand and wrist posititon

Aktivitas yang melibatkan gerakan fleksi dan ekstensi tangan yang berlebihan dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada saraf.

  • Pregnancy

Perubahan hormonal selama kehamilan dapat menyebabkan pembengkakan

  • Health condition: diabetes, rheumatoid arthritis, ketidakseimbangan kelenjar tyroid, yang mana kondisi ini sering berhubungan dengan CTS.
  • Sport: tennis, golf.

Cara pencegahan terjadinya CTS

Jika anda bekerja menggunakan keyboard komputer, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya CTS. Proper seating merupakan hal penting untuk ergonomic yang baik. Ketinggian kursi dan sandaran harus disesuaikan.

  • Keyboard postur
Carpal Tunnel Syndrome
Carpal Tunnel Syndrome

Posisi  keyboard atau mouse mengharuskan kita menekuk pergelangan tangan, yang merupakan salah satu penyebab CTS pada pengguna komputer.  

  • Stretching Exercise

Stretching atau peregangan membantu untuk mencegah sekaligus mengatasi CTS dan harus dilakukan secara rutin setiap hari.

Carpal Tunnel Syndrome
Carpal Tunnel Syndrome

BACA JUTA ARTIKEL TENTANG:

FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

FASKES BPJS JAKARTA UTARA : NK HEALTH

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI: PUSPA HUSADA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

Leave a Comment